Banjarmasin

100 Persen Lulus, SMAN 5 Umumkan Hasil Melalui WA dan Email

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Ditengah wabah Covid-19, SMAN 5 Banjarmasin mengumumkan hasil kelulusan siswanya melalui jejaring sosial, oleh Wali kelas kepada orang tua murid.

Pengumuman hasil kelulusan bagi SMA Sederajad diumumkan hari ini, Sabtu (2/5/2020), seluruh sekolah sampaikan hasil kelulusan dengan cara yang berbeda-beda.

Kepala Sekolah SMAN 5 Banjarmasin, Mukhlis Takwin, menyampaikan berkaitan dengan pengumuman hasil kelulusan pihak sekolah telah mengumumkan hasil kelulusan pada pukul 10.00 Wita pagi tadi.

“Tadi sudah kita lakukan serentak pukul 10.00 wita, semua orang tua atau wali siswa telah standby menunggu karena telah di beritahu sebelumnya,” ujarnya.

Ia mengatakan pengumuman hasil kelulusan tersebut untuk SMAN 5 Banjarmasin melalui mekanisme yang didahului dengan Rapat Pleno secara Virtual Online oleh Seluruh Dewan Guru pada 30 April 2020 kemarin.

“Setelah rapat, kemudian kita buat Surat Edaran yang ditujukan untuk orang tua atau wali siswa sebagai pemberitahuan bahwa Pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada hari ini melalui pesan whatsapp (WA) atau email orang tua atau wali siswa yang akan dikirim langsung oleh masing-masing wali kelas,” jelasnya.

Berbeda dengan beberapa sekolah lain yang mana pengumuman disampaikan melalui website sekolah, Mukhlis mengatakan bahwa awalnya pihak sekolah ingin menyampaikan melalui website sekolah, namun dikarenakan kendala teknis pihak sekolah mengganti teknis pengumumannya.

“Awalnya rencana melalui Website sekolah, karena terkendala teknis dan keamanan data, maka ditempuhlah cara melalui pesan WA dan Email tadi,” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk kelulusan tahun ini di SMAN 5 Banjarmasin dari total keseluruhan siswa kelas XII sebanyak 258 seluruhnya dinyatakan lulus.

“Siswa kelas XII SMAN 5 Banjarmasin Tahun ajaran 2019-2020 ada sebanyak 258 dengan rincian MIPA 134 siswa dan IPS 124 siswa. Keseluruhan LULUS 100 persen dengan rata-rata kelulusan MIPA 83,59 dan rata-rata kelulusan IPS. 82,70,” jelasnya.

Selain itu dalam masa darurat Covid-19 saat ini, yang mana Pemerintah mengeluarkan surat edaran agar sekolah diliburkan dan ada pula arahan dari kementrian agar UN untuk tahun 2020 ditiadakan.

Mukhlis mengungkapkan untuk menentukan Hasil kelulusan, hal itu didasarkan pada Rapat Dewan Guru SMAN 5 Banjarmasin, 30 April 2020, dengan mengacu pada kriteria kelulusan berdasarkan per undang-undangan, termasuk SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 dan Persesjend Kemendikbud Nomor 5 Tahun 2020.

“Ada dari nilai raport ada juga yang dari Ujian Sekolah, penugasan dan portofolio yang sempat dilakukan sebelum ada status darurat Covid-19 diberlakukan,” tandasnya.(fachrul)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top