Balangan

Dampak Covid-19, Pemkab Balangan Akan Bantu Mahasiswa Perantau

PARINGIN, klikkalsel.com – Pemkab Balangan merencanakan memberikan bantuan kepada perantau dan mahasiswa asal Balangan yang tidak bisa pulang kampung akibat perberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pemkab melalui gugus Covid-19 menilai, imbas Corona ini juga dirasakan para mahasiswa perantauan yang tak bisa kembali ke daerah asalnya akibat adanya imbauan agar tak mudik.

Bupati Balangan, H Ansharuddin yang juga Ketua Gugus Covid-19 Balangan, mengatakan, Pemkab akan menyiapkan anggaran dari dana penanganan dampak Covid-19 untuk membantu para mahasiswa perantauan ber-KTP Balangan yang tidak bisa pulang kampung diakibatkan beberapa daerah yang memberlakukan PSBB.

“Mahasiswa dan santri yang berada di luar daerah yang tidak pulang kampung akan kita siapkan anggaran untuk membantu mereka, Bantuan agar mereka dapat bertahan mengahadapi wabah ini sehingga tidak ada Balangan yang terabaikan,” ungkap Bupati Ansharuddin, Senin, (11/5/2020) disela kegiatannya.

Menurutnya, sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk menjaga para mahasiwa perantau sebagai aset masa depan bangsa.

Untuk data sendiri, Bupati akan melakukankan pendataan melalui Dinas Pendidikan Balangan terkait jumlah mahasiswa yang ada divluar daerah maupun di luar negeri.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Abdul Basid menyatakan, pihaknya akan melakukan pendataan mahasiwa dan santri yang terkena dampak PSBB tersebut dan saat ini pihaknya menungggu arahan untuk merealiasinya.

“Sementara ini Disdik menunggu arahan dari kepala daerah terkait bantuan mahasiwa dan santri yang tidak bisa mudik, data mahasiwa dan santri sudah kita siapkan, tidak mengkonfirmasi jumlah mereka yang tidak bisa pulkam tahun ini akibad Wabah Covid 19 ini,” ungkapnya.(fitri/adv)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top