Advetorial

Dampak Covid-19, Pemkab Beri Bantuan Peternak Rp1,5 Miliar

PARINGIN, klikkalsel.com – Wabah Covid-19 berdampak pada para peternak ayam di Kabupaten Balangan, bahkan para peternak belum lama ini sampai mengobral ternak ayamnya dengan harga di bawah standar.
Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Rahmadi O’en yang mengungkapkan pihaknya sudah melakukan pengecekan di lapangan dan memang benar omzet hasil ternak warga terutama ayam turun drastis.
“Laporan pertama kita dapatkan di wilayah Lampihong, para peternak ayam mengaku ternak mereka kurang pembeli dan mereka harus putas dengan menjual murah ternak mereka,” ungkap Rahmadi, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/4/2020).
Hal ini tentunya, lanjut Rahmadi menjadi salah satu perhatian khusus pemerintah agar tidak berdampak dari segi perekonomian para peternak.
Menangulangi hal ini, Dinas Pertanian yang membawahi bidang peternakan langsung melalakukan langkah cepat dengan berkordinasi dengan Kepala Daerah dan Gugus Tugas Kabupaten Balangan untuk mencari alokasi bantuan kepada peternak yang jadi salah satu dampak adanya wabah Covid-9.
“Setelah kita koordinasikan, Bupati Balangan memberikan perintah menganggarkan bantuan stimulus kepada peternak melalui anggaran Gugus Tugas Covid 19 kabupaten Balangan,” terangnya.
Rahmadi menyebutkan, dari anggaran yang diajukan disetujui anggaran Rp13 miliar untuk Dinas Pertanian yang kemudian terkhusus untuk bidang peternakan dianggarkan bantuan stimilus sebesar Rp1,5 miliar dan untuk kredit usaha bagi peternak dialokasikan sebesar Rp750 juta.
“Bantuan stimulus ini akan segera kita realiasikan , kita akan bekerjasama dengan pihak perbankkan untuk proses bantuannya,” imbuh Rahmadi.
Rahmadi terus memastikan anggaran yang disusun untuk membantu para petani dan teternak ini secepatnya akan direaliasikan, dan anggaran ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah dengan mempertimbangkan kebutuhan para petani.(fitri/adv)
Editor : Amran
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top