Daerah

Di HSU Harga Daging Sapi, Ayam dan Bawang Merah Merangkak Naik

AMUNTAI, klikkalsel.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, sejumlah harga kebutuhan pokok di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai merangkak naik.

Dari pantauan terbaru, kenaikan bahan pokok terjadi pada harga daging sapi, daging ayam dan bawang merah, meskipun sebagian harga bahan pokok lainnya cenderung stabil.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten HSU H Akhmad Redhani Effendi melalui Kepala Bidang Perdagangan Marzuki mengakui, kenaikan signifikan tersebut terjadi pada harga daging sapi yang pekan sebelumnya seharga Rp120 ribu/kilogram menjadi Rp135 ribu/kilogram pekan ini.

“Harga daging sapi naik karena ketersediaannya kurang,” ujarnya, Jumat, (15/5/2020).

Selain daging sapi, daging ayam juga mengalami kenaikan kisaran Rp10 ribu baik untuk jenis ayam kampung maupun ayam ras (pedaging), hal tersebut dikarenakan peningkatan permintaan konsumen terlebih di bulan Ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri 1441 H.

“Daging ayam juga naik, baik kampung maupun kota (ayam ras pedaging), itu disebabkan kebutuhan meningkat,” tambahnya.

Sementara itu, untuk menjaga kestabilan harga pihaknya telah melakukan operasi pasar murah dengan sistem paket, tiap Kecamatan disiapkan 50 paket yang harga jual Rp68 ribu per paket, cuma dijual Rp50 ribu per paket dengan isi gula pasir, minyak goreng dan lainnya.

Selain dua komoditas itu yang naik, harga bawang merah juga mengalami kenaikan, dimana pekan sebelumnya seharga Rp50 ribu/kilogram menjadi Rp60 ribu/kilogram.

“Sedangkan harga bawang putih cenderung mengalami penurunan dari Rp40 ribu/kilogram menjadi Rp35 ribu/kilogram, begitu pula dengan cabe rawit dari Rp75 ribu/kilogram menjadi Rp50 ribu/kilogram,” tukasnya.(doni)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top