Banjarmasin

Disdukcapil Banjarmasin Diminta Tambah Loket Pelayanan

BANJARMASIN, klikkalsel – Komisi I DPRD Banjarmasin melakukan kunjungan kerja (kunker) sekaligus silaturahmi ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin, Senin (27/1/2020).

Menurut Ketua Komisi I DPRD Banjarmasin Suyato akrab disapa Awi, kunker ke Disdukcapil itu untuk mengecek pelayanan serta pembuatan KTP di Disdukcapil dalam mendukung pelaksanaan Pilkada.

“Melihat jumlah pengunjung yang antre, kami merekomendasikan loket pelayanan Disdukcapil harus ditambah. Dari 8 menjadi 15 loket,” ujar Politisi PDIP Banjarmasin ini.

Ia memaklumi, SDM di instansi tersebut terbatas, sehingga untuk memaksimalkan pelayanan, mengambil tenaga outsourcing untuk ditempatkan di posisi petugas loket.

Selain itu, kunker itu untuk mempertanyakan kerjasama Disdukcapil dengan RS dan PAUD, terkait pelayanan jemput bola dalam pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). Kerjasama ini tujuannya agar tidak ada lagi anak di Banjarmasin yang tak terdata.

Foto bersama Komisi I DPRD Banjarmasin dengan jajaran Disdukcapil dan DPMTSP Banjarmasin.

Terkait pembuatan KIA, Disdukcapil tak mempersulit. “Asalkan memenuhi persyaratan, salah satunya akta lahir, KIA akan didapat hanya dalam beberapa menit,” ujar dia.

Hanya saja, kata dia, Disdukcapil masih terkendala kekurangan blanko. “Diminta 3.000 lembar ke pusat, tapi yang disetujui hanya 500 keping,” sebutnya.

Saat ini pelayanan KTP di Disdukcapil Banjarmasin mendapat penghargaan terbaik dari Kemendagri. “Oleh karena itu kami berharap pelayanan Disdukcapil terus ditingkatkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Banjarmasin Khairul Saleh menyatakan, saat ini pelayanan KTP cukup bagus. Jika datanya lengkap cukup lima menit prosesnya sudah selesai.

Dalam pelayanan KTP, ungkap Khairul Saleh pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan prima. ” Alhamdulillah, dalam soal pelayanan KTP kita sudah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Dan terbaik se Indonesia,” tandasnya.

Usai di Disdukcapi, rombongan Komisi I DPRD Banjarmasin juga kunker ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banjarmasin, untuk mempertanyakan pelayanan perizinan terpadu.

Kepala DPMPTSP Banjarmasin H Muryanta mengatakan, terus mempermudah proses terkait pelayanan permohonan perizinan. Dan bisa selesai lebih cepat.

“Di 2020 ini, saya berharap dewan bisa membantu dalam hal penambahan SDM serta sarana prasarana, untuk bisa lebih memberikan pelayan yang terbaik,” katanya. (farid)

Editor : Amran

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Disdukcapil Banjarmasin Diminta Tambah Loket Pelayanan – Banjarmasin News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top