Daerah

Disporapar HSS Berikan Alasan Porprov XI Harus Ditunda Tahun 2022

KANDANGAN, klikkalsel.com – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI yang akan dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bakal ditunda, Pandemi Virus Corona (Covid-19) menjadi alasan utama yang menyebabkan penundaan ini.
Sebelumnya, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) juga telah memberikan surat permohonan penundaan Porprov XI kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel.
Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS, Fitri mengatakan, belum ada informasi resmi bahwa Proprov XI akan ditunda.
“Saat ini kami belum mendapat info resmi dari Provinsi bahwa Porprov 2021 di HSS akan ditunda, namun dari hasil beberapa kali kami komunikasi dengan Pak Fitri Hernadi dari Dispora Provinsi memang ada wacana ke arah penundaan,” katanya, Selasa (05/05/2020).
Hal tersebut berdasarkan dengan adanya penundaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada bulan Oktober 2021 karena pandemi Covid-19, dan waktunya bersamaan dengan rencana Porprov 2021 di HSS.
Menanggapi itu, pihak Disporapar Kabupaten HSS tidak yakin Porprov XI bakal digelar tahun 2021. Sebab, kendala akibat dampak pandemi Covid-19 dirasa begitu besar.
“Kami pribadi tidak terlalu yakin, karena beberapa kendala seperti persiapan venue yang belum maksimal, otomatis kalo venue belum bisa maksimal akan berdampak pada lainnya,” ujarnya.
Fitri mengungkapkan, pengalokasian kembali anggaran menjadi kendala untuk persiapan venue Porprov XI. Bahkan, anggaran penyelenggaraan akan berdampak akibat pandemi Covid-19.
“Dana penyelenggaraan jelas terdampak, perlu adanya pemulihan keuangan dulu. Kami juga dapat info dari Dinas PUPR bahwa anggaran venue termasuk yang di realokasi untuk pencegahan dan penanganan Covid-19,” ungkapnya.
Belum lagi masalah lain, dikatakan Fitri seperti persiapan atlet untuk seleksi pembentukan tim pemusatan latihan cabang (pelatcab) turut tertunda, ditambah berbagai Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) juga belum dilaksanakan.
Sehingga Disporapar HSS memastikan setuju agar Porprov XI segera dilakukan penundaan sampai dengan tahun 2022.
“Ya, kami setuju. Tentu dengan pertimbangan dan latar belakang yang logis, seperti penundaan PON, fasilitas venue, anggaran, kesiapan atlet, pelaksanaan Kejurprov dan hal lain yang memang perlu diprioritaskan,” ucapnya.
Pihak penyelenggara pun memiliki pemikiran yang sama dengan Disporapar HSS, dengan beberapa pertimbangan dan kendala-kendala yang ada mereka akan menyetujui dengan rencana penundaan Porprov XI.
Fitri berharap, dengan adanya rencana penundaan ini, persiapan Disporapar HSS bersama Panitia Penyelenggara menyambut event olahraga Porprov XI dan Peparprov IV di Kabupaten HSS dapat lebih maksimal.
“Akan lebih matang untuk menyambut event olahraga ini, disisi lain venue juga akan lebih maksimal. Tentunya secara penganggaran keuangan dapat pulih segera pasca Covid-19 berlalu,” imbuhnya.(nuha)
Editor : Amran
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top