Daerah

Hasil Rapid Test, 29 ODP di HSS Dinyatakan Negatif

KANDANGAN, Klikkalsel.com – Sebanyak 29 orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dilakukan pemeriksaan cepat atau rapid test Covid-19 oleh tim kesehatan.
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Hanti Wahyu Ningsih, menjelaskan hingga Jumat (10/4/2020), seluruh ODP yang dilakukan pemeriksaan memiliki hasil negatif.
“Kemaren kita melakukan tes sebanyak 21 kali, dan hari ini 8 kali tes cepat, Alhamdulillah semua hasilnya negatif,” ucapnya, saat dihubungi, Minggu (12/4/2020).
Baca Juga : Masuk PDP Covid-19, Tiga Warga HSS Diisolasi di RSUD Hasan Basry Kandangan
Lebih lanjut diterangkannya, pemeriksaan cepat ini sendiri akan terus dilakukan dengan cara berkeliling kebeberapa puskesmas di 11 kecamatan yang ada.
“Besok kita keliling lagi, hingga seluruh ODP di HSS diperiksa semua, tentunya secara bertahap, karena sesuai stok rapid test yang kita miliki saat ini,” terangnya.
Di HSS, bantuan rapid test yang diterima hanya berjumlah 40 unit, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) ditahap pertama.
“Jadi untuk sementara kita lebih prioritaskan pemeriksaan pada ODP yang kluster Gowa, dan jika ternyata kurang, nanti kami akan mengajukan permintaan kembali,” tambanya.
Sementara untuk persediaan Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan HSS sampai saat ini masih mencukupi, dimana sebagian pengadaan yang dilakukan sudah datang dari pengiriman.
“APD kita sekitar 200 buah, dan telah didistribusikan ke seluruh puskesmas, baik dari pengadaan maupun dari bantuan Pemprov Kalsel,” jelasnya.(reyhan)
Editor : Amran
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top