Daerah

MCCC HSU Bantu Pemerintah Melawan Penyebaran Covid-19

AMUNTAI, klikkalsel.com – Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menindaklanjuti instruksi Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayahnya dengan membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) di Kabupaten HSU.
Koordinator Hubungan Masyarakat dan Publikasi MCCC HSU Junaidi, S.KM menyampaikan, MCCC HSU bertugas mengkoordinasikan seluruh aktivitas Muhammadiyah dalam membantu pemerintah melawan penyebaran Virus Corona serta strategi yang digunakan adalah menggerakkan semua sumber daya Muhammadiyah di semua tingkatan.
“Seperti unsur PD Muhammadiyah, Aisyiyah, Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah, Pemuda, Nasyiatul Aisyiyah dan organisasi otonom beserta seluruh Amal Usaha Muhamadiyah untuk mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan HSU,” katanya, Selasa, (2/6/2020).

MCCC HSU Bantu Pencegahan Covid-19 (foto : istimewa)

Selain fungsi koordinasi, yang tidak kalah penting adalah menyusun panduan-panduan khusus yang berkaitan dengan perilaku, ibadah, kehidupan sehari-hari untuk masyarakat dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta cara memutus penyebaran virus corona.
“Dukungan kepada seluruh stakeholder, baik di kalangan Muhammadiyah maupun di luar Muhammadiyah untuk bersama-sama membantu, melalui program diri sendiri yang tinggal di rumah, maupun dengan kontribusi yang lain, baik berupa dukungan moral, finansial, dan dukungan lainnya,” ujarnya.
Fokus kegiatan MCCC HSU saat ini, lanjutnya, adalah edukasi dan pelatihan, salah satunya yang terselenggara di Pimpinan Cabang Muhamadiyah Padang Bangkal Kecamatan Sungai Pandan seperti sosialisasi kesehatan dan cara pembuatan disenfektan serta penyemprotan yang benar.
“Kegiatan serupa juga akan dilakukan di Cabang Muhamadiyah Hambuku, Jarang Kuantan, Mamar, Sungai Malang, Alabio 1, Alabio 2, Sungai Tabukan, Amuntai dengan melibatkan unsur Cabang dan Ranting,” terangnya.
Sementara untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat ini, akan selalu dimonitori melalui WA grup Muhammadiyah sebagai sarana konsultasi dan koordinasi antara pengurus Cabang, Ranting Muhammadiyah dengan MCCC-HSU dalam rangka menghadapi new normal ditengah ketidakpastian berakhirnya virus Covid-19 di Indonesia.
“Dengan adanya kegiatan ini dan hadirnya MCCC HSU, diharapkan ke depannya dalam jangka Panjang untuk Cabang dan Ranting, dapat secara mandiri melakukan pencegahan Covid-19 dan dapat membuat disenfektan serta penyemprotan yang benar sesuai standar-standar kesehatan,” tukasnya. (doni)
Editor : Akhmad
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top