Banjarmasin

Nasib Malang Janda 4 Orang Anak, Sakit di Tengah Situasi Sulit Pandemi Covid-19

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Nasib malang menimpa ibu Ita, warga Jalan Kelayan A, Gang Seroja, RT 2, Kelurahan Murung Raya, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Banjarmasin.

Di tengah situasi sulit wabah Covid-19, janda empat anak ini sudah sudah hampir 6 bulan, terbaring lemah dengan kondisi kaki dan perut bengkak.

Salah satu tetangganya, Ahmad Saili mengatakan, belum diketahui penyakit apa yang menimpa Ita. Kata, Saili, tetangganya itu hanya bisa berbaring dengan kondisi badan yang sangat kurus dan kaki yang bengkak.

“Untuk kebutuhan sehari-hari, keluarga ini hanya mengandalkan bantuan para tetangga,” ujarnya kepada klikkalsel.com, Selasa (21/4/2020).

Lanjut, tuturnya, tiga anak Ita telah putus sekolah. Anak pertama perempuan berusia sekitar 15 tahun merawat sang ibu di rumah, anak ke 2 dan 3 laki-laki berusia sekitar 10 dan 12 tahun sehari-hari mengais rezeki di Pasar Harum Manis Banjarmasin, dan anak terakhir laki-laki berusia 2 tahun pun mengalami penyakit kulit.

Anak terakhir Ita yang usia 2 tahun mengalami penyakit kulit. (foto:istimewa)

“Terkadang ibu Ita dibantu ayahnya yang juga masih satu rumah, yang memiliki pekerjaan sebagai tukang pijat tradisional, kadang dapat panggilan untuk memijat dan kadang tidak ada yang memanggil,” imbuh Saili.

Ibu malang itu, selama sakit belum pernah memeriksakan diri ke dokter hanya melalui mantri setempat kendati keterbatasan biaya. Bahkan, diketahui Ita tidak memiliki kartu perlindungan sosial seperti BPJS Kesehatan maupun Jamkesda.

“Alhamdulillah hari ini tadi ada pihak kelurahan dan dinas sosial datang. Katanya, melengkapi berkas kependudukan. Rencananya besok (Rabu 22 April 2020) akan di bawah ke Rumah Sakit Ansari Saleh untuk diperiksa kesehatan ibu Ita,” ujar Saili.

Sementara itu, Saili mewakili tetangga Ita berharap kondisi yang melanda janda 4 anak tersebut mengetuk hati dermawan yang bisa membantu dan meringankan beban keluarga Ita.

“Kita sangat prihatin, berharap ada bantuan. Ulun (saya) menyambungkan bila ada dermawan yang ingin melihat langsung ibu Ita, bisa menghubungi kontak ulun (saya) dengan nomer telpon 0811557155, nomor whatsapp 082155547155,” tandasnya.(rizqon)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top