Banjarmasin

Pasca Dihentikan Swab Massal di Dinkes, Baru 4 Puskesmas yang Siap Laksanakan Swab

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Swab Massal yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin sudah tidak dilakukan lagi, pemeriksaan swab selanjutnya akan dilakukan di Puskesmas.
Namun untuk melakukan swab tersebut Puskesmas di Banjarmasin masih banyak memiliki kendala, salah satunya yakni bilik khusus untuk pengambilan sampel swab.
Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Dr Machli Riyadi, menyampaikan bahwa saat ini baru ada 4 puskesmas yang siap untuk melaksanakan swab dari total 26 Puskesmas yang ada di Banjarmasin, diantaranya yakni Puskesmas Pekauman dan Puskesmas Cempaka.
Meski sudah ada 4 puskesmas yang siap, ia berharap seluruh puskesmas di Banjarmasin bisa melaksanakan pemeriksaan swab tersebut.
“Saat ini baru ada 4 yang sudah siap, tapi kalau tidak bisa seluruh puskesmas kita memintanya per Kecamatan dulu 1 kecamatan 1 puskesmas untuk swab,” ujar Machli, Senin (15/6/2020).
Ia juga menerangkan, bahwa ada sedikit kendala dalam menerapkan pemeriksaan swab di puskesmas, yakni tidak adanya bilik pemeriksaan khusus pengambilan sampel swab tersebut.
“Kita saat ini terkendala tidak ada bilik khusus di puskesmas, tetapi ini perlahan kita akan membangun bilik itu, nanti kalau seluruh puskesmas sudah ada bilik itu maka semua puskesmas bisa melaksanakan swab,” paparnya.
Machli juga mengungkapkan bahwa hingga sampai saat ini sudah terpakai sebanyak 1.770 viral transport medium (VTM) yang digunakan.
VTM yang dimaksud yakni media pembawa virus, alat tersebutlah yang digunakan untuk mengambil sampel swab orang yang berstatus Rapid reaktif.
“Jumlah VTM yang kita pakai sampai dengan hari ini berjumlah 1770, artinya sebanyak itulah sampel swab yang sudah kita ambil,” tandasnya.(fachrul)
Editor : Amran
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top