Banjarmasin

Pengamat Sebut, Salah Pilih Pasangan, Elektabilitas Ibnu Sina Anjlok, Hj Ananda Lebih Mendongkrak

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Persentase elektabilitas Ibnu Sina sebagai bakal calon petahana Walikota Banjarmasin yang kembali mengincar kursi periode kedua di Pilkada 2020 berada di bawah 60 persen.
Jika angka presentase elektabilitas Ibnu Sina ingin terangkat, maka mantan anggota DPRD Kalsel ini harus cerdas memilih pasangan wakilnya di Pilkada 2020.
Hal ini diungkap Pengamat politik dari UIN Antasari Banjarmasin, Ani Cahyadi. Menurutnya , jika dilihat dari hasil survei, masih sangat mungkin untuk dikalahkan. Kenapa, karena dalam rumus Pilkada kalau petahana itu elektabilitasnya di bawah 60 persen itu masih sangat mungkin dikalahkan.
Baca juga : Beradu Kans, Ibnu Sina dan Haris Makkie Akan Warnai Perebutkan Kursi Walikota Banjarmasin
“Kebetulan Ibnu Sina di bawah 60 persen, dan ini yang mengakibatkan Ibnu Sina kurang dilirik oleh parpol untuk mengusungnya di Pilkada 2020,” tutur Ani Cahyadi kepada Klikkalsel.com, Selasa (14/7/2020).
Bahkan minat untuk mengusung Ibnu Sina di pemiihan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin, juga dirasakan PKS partai yang membesarkan nama Ibnu Sina mulai dari wakil rakyat hingga hingga menjabat Walikota Banjarmasin.
“PKS hingga saat ini belum memastikan apakah kembali menjagokan Ibnu pada pemilihan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin. Itu kenapa, beberapa partai politik menimang-nimang untuk mencari calon lain,” imbuhnya.
Apalagi, perkembangan terkini berhembus kabar, jika Ibnu berpasangan dengan Arifin yang merupakan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin. Menurut Ani Cahyadi, hal tersebut malah bisa menurunkan elektabilitasnya.
Baca juga : Pelaksanaan Coklit, Panwaslu Se-Kabupaten HSU Akan Lakukan Pengawasan Melekat Terhadap PPDP
“Anjlok lagi, sementara pasangan yang beliau pilih ini tanda petik! Elektabilitasnya juga tidak terlalu tinggi. Saya kira pak Ibnu bisa mempertimbangkan Ananda untuk jadi wakil,” ujarnya.
Diketahui, Ananda yang merupakan Ketua DPD Partai Golkar Banjarmasin dan menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin yang saat ini gencar mengkampanyekan diri sebagai bakal calon Wakil Walikota Banjarmasin.
Sayangnya, Ananda belum mendapat kepastian perahu partai politik yang akan mengusungnya. Padahal, berdasarkan pengamatan Ani Cahyadi, figur Ananda memiliki elektabilitas cukup tinggi berdasarkan beberapa hasil surveinya.
“Untuk kalangan ibu-ibu itu memang banyak ke Ananda,” pungkasnya.(rizqon)
Editor : Amran
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top