Balangan

Permudah Pelayanan, Disdukcapil Balangan Luncurkan Acil Langkar

PARINGIN, klikkalsel.com – Memudahkan masyarakat membuat dokumen kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan membuat terobosan dalam pelayanan administrasi kependudukan dengan menjalankan program Layanan Dukcapil Langsung Kelar (Acil Langkar).
Program layanan Acil Langkar ini sendiri istilah yang pakai untuk pelayanan secara online yang berbasis Website dan aplikasi berbasis android.
“Aplikasi ini nantinya bisa diunduh gratis di Playstore, namun saat kita masih tengah mempersiapkan segala dan dalam waktu dekat sudah bisa diakses masyarakat,” ujar Hifziani Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Balangan, Kamis (20/7/2020).
Baca juga : Setujui Raperda LKPj, Dewan Berikan Beberapa Rekomendasi Perbaikan
Menurut dia, dengan menggunakan aplikasi, Website dan Whatsapp nantinya warga tidak perlu harus datang dulu ke Kantor Disdukcapil ketika hendak mengurus administrasi kependudukan. Layanan tersebut memang bertujuan untuk mengurangi antrean yang sering dikeluhkan masyarakat.
“Dengan penggunaan aplikasi ini nantinya, masyarakat bisa mengurus layanan administrasi kependudukan yang diperlukan. Dengan cara mendaftar dahulu saat menggunakan aplikasi tersebut dengan memasukkan NIK, nomor HP dan alamat email maka sistem akan memprosesnya,” bebernya.
Sama seperti permohonan dokumen kependudukan biasanya, menurut Hifziani, saat menggunakan aplikasi ini pemohon juga dimintai persyaratan, namun semua dilakukan secara online sehingga lebih mudah.
“Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi, bisa dibuka menu persyaratan. Sebenarnya layanan ini sama persis dengan saat mengurus secara manual, hanya saja dengan aplikasi kita tidak perlu datang dan mengantri untuk menyerahkan berkas syarat tetapi dapat dikirim dari rumah atau dari mana saja, sehingga hemat waktu,” bebernya.
Selain itu, lanjut dia, penggunaan aplikasi Acil Langkar ini merupakan bukti komitmen Pemkab Balangan khususnya Dinas Dukcapil untuk menomorsatukan masyarakat dalam pelayanan.
Dinas Kependudukan, kata dia, sebagai garda depan dalam pelayanan terus berbenah agar pelayanan yang diberikan mudah,  murah dan cepat.
“Pelayanan kepada masyarakat terus kami tingkatkan agar semuanya menjadi semakin muda dan cepat sesuai keinginan masyarakat,” pungkasnya. (fitri)
Editor : Akhmad
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top