Banjarmasin

Resmikan Pos Kampung Sehat Banua, Kapolresta Banjarmasin Apresiasi Partisipasi Masyarakat Tekan Covid

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Rasa bangga dan apresiasi diberikan Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan kepada warga Banua Anyar.
Hal tersebut disampaikannya saat meresmikan Kampung Sehat Banua di Kelurahan Banua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur, Rabu (3/6/2020).
Apresiasi tersebut diberikannya terkait adanya kesadaran masyarakat untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya dengan membuat Pos Kampung Sehat Banua.
“Senangnya jika masyarakat membantu kepolisian, TNI dan pemerintah seperti ini. Karena salah satu yang menyebabkan terus meningkatnya angka positif Covid adalah rendahnya kesadaran masyarakat,” ujar Kapolresta.
Baca juga : 507 Calon Jemaah Haji di Tabalong Batal Berangkat ke Tanah Suci
Menurutnya memutus penyebaran Covid tidak mungkin berhasil tanpa adanya kesadaran yang tertanam dari pribadi masing-masing warga.
“Kesadaran masyarakat seperti ini sebenarnya yang kita harapkan. Dan ini diapresiasi pula oleh Bapak Kapolda Kalsel,” imbuhnya.
Kapolresta pun menyebutkan sudah ada 3 wilayah Polsek yang memiliki kampung sehat/tangguh bebas Covid yaitu di wilayah Polsek Banjarmasin Timur, Polsek Banjarmasin Selatan dan Polsek Banjarmasin Utara.
Dalam kesempatan tersebut Kapolresta menyerahkan bantuan dana dan perlengkapan yang diharapkan dapat membantu operasional posko.
Sementara itu Camat Banjarmasin Timur, Ahmad Muzaiyin mengatakan penumbuhan dan peningkatan kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan usai masa PSBB memang merupakan target Pemerintah bersama Polresta dan Kodim Banjarmasin.
“Ini merupakan upaya kita bersama Pak Kapolsek dan Danramil Banjarmasin Timur untuk menumbuhkan kesadaran, kepatuhan dan partisipasi masyarakat usai masa PSBB, salah satunya menumbuhkan kesadaran wajib mengenakan masker jika keluar rumah,” ujarnya.
Dari hasil pengamatannya setelah sepuluh hari pos ini dibangun dengan dikelola swadaya oleh masyarakat, yang paling terlihat ialah warga yang masuk dan keluar dari kawasan Banua Anyar hampir semuanya telah mengenakan masker.
Selain itu pos ini juga mengkoordinir jika ada warga yang ingin membantu kebutuhan warganya yang positif terinfeksi Corona.
Hadir dalam peresmian tersebut Anggota DPRD Banjarmasin Awam Subarkah, Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo, Kapolsek Banjarmasin Timur AKP Alfian Tri Permadi, Perwakilan Koramil Banjarmasin Timur dan Lurah Banua Anyar HM Saleh. (david)
Editor : Akhmad
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top