Banjarmasin

Tak Mau Kebobolan Corona, KONI Kalsel Rapid Test Atlet

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan pemeriksaan kesehatan menggunakan rapid test kepada atlet, Sabtu (02/05/2020).
Bertempat di GOR Hassanudin Kota Banjarmasin, sebanyak 300 orang atlet dilakukan skrining awal dengan tujuan mendeteksi apakah tubuh atlet telah terpapar Virus Corona (Covid-19) atau tidak.
Ketua KONI Kalsel, Bambang Heri Purnama mengatakan, rapid test atlet ini dimaksudkan guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan olahraga khususnya bagi atlet di wilayah Kalsel.
“Ini kita melakukan antisipasi. Sekarang kita melatih, menyiapkan atlet kita perlu juga mengetahui bahwa artinya kita benar-benar sehat dan terhindar dari Virus Corona,” ujarnya.
Baca Juga : Banua Berduka, Guru Zuhdi Berpulang ke Rahmatullah
Ia menuturkan, pihaknya tidak ingin setelah Covid-19 ini menyebar di lingkungan olahraga kemudian baru bergerak menanganinya.
“Kita tidak mau kebobolan, jadi KONI Kalsel mengantisipasinya dengan menggelar rapid test kepada atlet sebanyak dua kali, ini yang pertama,” kata Bambang Heri Purnama.
Selanjutnya, setelah 14 hari kemudian KONI Kalsel akan menggelar rapid test lagi. Hal ini merupakan penanggulangan untuk memutus berkembangnya Virus Corona di lingkungan atlet.
KONI Kalsel serius menghadapi pandemi Covid-19, pihaknya menggandeng tim laboratorium secara langsung yang diakui oleh negara untuk menangani Covid-19 dalam pemeriksaan atlet menggunakan rapid test.
“Hasilnya segera, namun tidak kita publishing. Kalau hasilnya ada yang terinfeksi, akan kita rahasiakan sebab masing-masing akan diberitahukan,” imbuhnya.
Anggota DPR RI ini berharap, adanya rapid test ini dapat menjadi contoh untuk KONI di seluruh daerah Indonesia agar melakukan hal yang sama seperti KONI Kalsel.
“Ini sebagai pelopor. Kami mengharapkan semua KONI di seluruh Indonesia kalau bisa mengadakan rapid test,” tuturnya. (nuha)
Editor : Akhmad
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top